Son Heung Min Terbebas Wamil Korea Selatan

0
70
Selebrasi Lee-Seung Woo sesaat setelah menceploskan bola ke gawang Jepang untuk gol pertama Korea Selatan. Foto: Arigo Herwindo

Euforia Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang pada bulan Agustus lalu masih terasa sampai hari ini. Banyak hal menarik dalam Asian Games 2018.

Salah satunya adalah bebasnya para atlet pria Korea peraih medali emas dari wajib militer, karena ternyata di Korea Selatan wajib militer dapat dihindari. Salah satunya adalah dengan medali emas. Salah satu peraih medali emas yang dibebaskan dari wajib militer adalah Son, pemain sepakbola timnas Korea yang juga bermain di Tottenham Hotspur.

Sangat jarang seorang pemain kelahiran Asia bermain di Liga Inggris yang sangat bergengsi. Namun jika saja Son gagal di Asian Games in untuk membantu timnas Korea Selatan mendapatkan medali emas tentu dia harus mengubur impiannya menjadi pemain top international. Tapi ternyata Son dan kawan-kawannya dapat meraih medali emas itu setelah mengalahkan Jepang di laga final sepakbola Asian Games 2108.

Berprestasi
Son Heung Min, mungkin adalah orang yang paling gembira selepas ajang Asian Games 2018 yang baru saja selesai di Jakarta dan Palembang beberapa hari lalu. Pasalnya, pesepakbola yang kini sedang menjadi salah satu idola di negara asalnya Korea Selatan ini, selain mendapatkan penghargaan dan pujian seperti halnya yang didapatkan atlet berprestasi lainnya, ia juga mendapatkan hak untuk bebas dari wajib militer.

Kabar ini, tentu sangat menggembirakan bagi Heung Min yang baru saja menjadi bagian dari pasukan Tottenham Hotspur di Liga Inggris. Sangat jarang seorang pemain Asia mendapatkan kesempatan ikut berlaga di liga yang sangat bergengsi ini. Jika saja di Asian Games 2018 timnas Korea Selatan gagal mendapatkan medali emas, Heung Min bisa-bisa harus mengubur impiannya untuk menjadi pemain top internasional.

Heung Min dan kawan-kawan berhasil meraih medali emas setelah mengalahkan timnas Jepang di laga final sepakbola Asian Games 2108 yang berlangsung di stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Sabtu (1/9) lalu. Setelah dua babak berlalu tanpa menghasilkan gol bagi dua kesebelasan, timnas Korsel akhirnya mampu mencetak gol saat babak tambahan pertama berjalan tiga menit. Penyerang muda Lee Seung-woo menerima umpan Heung-min dan melepaskan tendangan kaki kiri yang bersarang di pojok kanan gawang Jepang.

Pada menit ke-101 Heung-min kembali menjadi otak keberhasilan timnas Korea Selatan menambah gol dan memastikan kemenangannya atas Jepang. Umpan tendangan bebas Heung Min dimanfaatkan dengan sangat baik oleh Hwang Hee-chan melalui sundulan langsung ke gawang Jepang yang dikawal oleh kiper Ryosuke Kojima.

Kemenangan timnas Korsel di Asian Games 2018 ini, bagi Heung Min menghantarkannya ke sebuah peluang emas untuk terus menapak karirnya di Tottenham Hotspur, jika memang ia dapat dipastikan terbebas dari wajib militer penuh selama 21 bulan, sesuai dengan aturan yang kini masih berlaku di Korea Selatan.

Keraguan sempat muncul ketika Kementerian Pertahanan Korea Selatan yang bertanggung jawab atas program wajib militer itu mengatakan peraturan bebas wamil itu masih bisa diubah dengan alasan keadilan. Namun juga disebutkan, sampai saat ini belum ada rencana khusus untuk merubahnya.

Aturan bebas wamil sebagai imbalan dari suatu prestasi olahraga ini, sudah cukup lama dikenal di Korea Selatan. Sejak tahun 1970-an, Seoul memang telah memupuk cita-cita untuk menjadi salah satu kekuatan olahraga yang besar di dunia. Tetapi dalam beberapa tahun terakhir, kebijakan bebas wamil untuk para atlet itu mendapat kritik yang cukup keras dari sebagian pihak karena dianggap tidak mencerminkan keadilan yang merata bagi masyarakat Korea Selatan.

Penulis: Arigo Herwindo, Siswa SMA BPK Penabur Sentul City