Lebih Dekat dengan Asian Para Games 2018

0
27
Ilustrasi Asian Para Games 2018

Asian Games 2018 memang telah berakhir, tetapi pesta olahraga masih terus berlanjut nih, Mudaers! Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Para Games 2018 untuk pertama kalinya, setelah China pada 2010 dan Korea Selatan pada 2014.

Pawai obor yang telah dilaksanakan pada 5 September lalu di Kota Solo menjadi penanda 30 hari menjelang berlangsungnya rangkaian acara Asian Para Games 2018. Solo sendiri menjadi markas sekretariat National Paralympic Committee dan tempat atlet disabilitas melaksanakan program pelatnasnya.

Mudaers penasaran engga sih, apa sebenarnya Asian Para Games itu? Asian Para Games merupakan ajang kompetisi olahraga untuk teman-teman kita penyandang disabilitas yang diselenggarakan oleh Asian Paralympic Committee empat tahun sekali setelah Asian Games.

Paralimpiade sendiri pertama kali diadakan di Roma pada 1960, yang awalnya diselenggarakan sebagai wadah bagi para veteran penyandang cacat fisik pasca Perang Dunia II untuk dapat menikmati olahraga yang kemudian berkembang menjadi olimpiade olahraga. Paralimpiade diambil dari Bahasa Yunani  para (berdampingan) yang merujuk pada kompetisi yang diselenggarakan paralel dengan olimpiade.

Kembali ke Asian Para Games 2018, dengan slogan “The Inspiring Spirit and Energy of Asia,” Asian Para Games 2018 akan digelar pada 6-13 Oktober 2018 bertempat di Gelora Bung Karno, Jakarta International Velodrome, dan JIExpo.

Saat ini sudah terdaftar lebih kurang 3.000 atlet dari 42 negara sebagai peserta yang 300 diantaranya merupakan atlet Indonesia. Akan ada 15 cabang olahraga paralimpiade dan tiga cabang olahraga non-paralimpiade. Diantaranya ada panahan, atletik, badminton, boccia, bowling, catur, balap sepeda, goal ball, judo, bowling lapangan, angkat besi, shooting, renang, tenis meja, voli duduk, basket kursi roda, panahan kursi roda, dan tenis kursi roda.

Bicara prestasi atlet difabel Indonesia, pada ASEAN Para Games 2017 lalu di Malaysia, Indonesia berhasil menjadi juara umum dengan perolehan medali 126 emas, 75 perak, dan 50 perunggu. Indonesia juga menjadi peringkat sembilan dari 32 negara pada Asian Para Games 2014 lalu di Korea Selatan dengan perolehan medali sembilan emas, 11 perak dan 18 perunggu.

Jika Mudaers mengenal Kaka, Bhin-Bhin, dan Atung sebagai maskot Aisan Games, sekarang MuDaers akan berkenalan dengan Momo, seekor Elang Bondol sebagai maskot Asian Para Games 2018 loh, MuDaers. Momo merupakan singkatan dari Motivasi dan Mobilitas, yang dimaknai agar dapat terus maju dan beradaptasi dengan bermacam situasi berbeda yang kita hadapi.

Yuk MuDaers, ramaikan pesta olahraga Asian Para Games 2018 dengan memberi dukungan positif bagi para atlet yang akan bertanding nantinya!

 

PENULIS : KOMPAS CORNER / Adina Fayza Gayo

PENYUNTING : KOMPAS CORNER / Verren Christy

ILUSTRASI : KOMPAS CORNER / Vanessa Salamintargo