Uji Coba Paket Wisata Desa Bumiaji, Kota Batu

0
86
Anggota PKK dan Dharma Wanita Bumiaji usai kelas aksara pada Sabtu (4/8/2018). Foto : Tim KKN PPM UGM

Batu – Mahasiswa KKN-PPM UGM Unit JI-040, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur bekerjasama dengan Sinergi Group dan juga Pemuda Pariwisata Desa Bumiaji melaksanakan program “Trial Desa Wisata Bumiaji” pada Sabtu (4/8) lalu.

Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan dengan tema besar Tim KKN-PPM UGM Unit JI-040, yaitu “Pemetaan dan Pengembangan Potensi Kawasan Agrowisata untuk Mendukung Sektor Pariwisata”. Dari tema besar itulah mahasiswa KKN mencoba untuk membuat sebuah paket wisata yang sebelumnya diuji coba terlebih dahulu melalui kegiatan ini.

Wisatawan menjalani paket wisata setengah hari dengan kegiatan, menulis aksara Jawa di gardu pandang, wisata petik selada air dan kompetisi ulek sambel di Dusun Tlogorejo, wisata petik bunga di Dusun Beru, yang diakhiri dengan kompetisi merangkai bunga di Omah Budaya Slamet. Acara dikemas dengan gamification agar lebih menarik dan wisatawan dapat berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan.

“Kami ingin menjual pengalaman, maka dari itu acara harus dikemas sedemikian rupa sehingga wisatawan tidak hanya menikmati pemandangan alam Desa Bumiaji saja, namun pengalaman berwisata di sini yang akan mereka ingat,” kata Arif Bawono Surya, Project Manager Sinergi Group. Hal itu juga dirasakan oleh wisatawan yang hadir. “Secara keseluruhan acaranya oke, untuk pelajaran aksara Jawa saya berekspektasi lebih. Rasanya masih ingin belajar lagi,” ujar Hevi Kurnia, salah seorang wisatawan.

Kegiatan ini menjadi bahan pembelajaran bagi para pemuda desa yang tergabung dalam Pemuda Pariwisata. Awaludin Bashir, salah satu anggota Pemuda Pariwisata Desa Bumiaji berkata, “kegiatan tersebut bisa menjadi latihan bagi kami agar terbiasa”.

Kegiatan yang diadakan dari pukul 09.00 hingga 15.30 itu dihadiri oleh 30 orang dari Ibu-Ibu PKK dan Dharma Wanita Kecamatan Bumiaji. Kunjungan dalam rangka Family Gathering ini merupakan salah satu kegiatan percobaan desa wisata Bumiaji. Sebanyak 22 mahasiswa KKN-PPM UGM dan 10 anggota Pemuda Pariwisata telah menyiapkan acara tersebut dengan baik.

Nivita Saldyni Adiibah