Mengelola THR Dengan Bijak

0
72
Ilustrasi tunjangan hari raya.

TANGERANG, KOMPAS CORNER – Siapa yang tidak suka menerima tunjangan? Ya, begitulah kira-kira perasaan kita semua ketika mendapatkan tunjangan hari raya atau disingkat THR. Salah satu bagian yang paling ditunggu-tunggu selain bertemu sanak saudara adalah THR.

Bagi millennials yang terkenal cenderung lebih boros dalam gaya hidup perlu menggarisbawahi pentingnya mengelola THR dengan bijak, tidak hanya untuk memenuhi nafsu semata, tetapi berguna untuk keperluan yang akan datang.

Tidak ada yang salah dalam membelanjakan sebagian uang THR untuk memiliki barang yang diidam-idamkan, tetapi harus tetap dalam batas wajar. Di sinilah titik di mana millennials seringkali tergoda. Jika THR sudah diterima, penulis punya beberapa saran agar dapat mengelola dengan bijak.

Lakukan listing barang apa saja yang ingin dibeli. Akan lebih baik jika total pendapatan dibagi dua, yakni untuk berbelanja dan menabung, serta buatlah tabungan di bank minimal dua (jika belum memiliki rekening) guna melakukan split agar lebih rapi.

Dengan melakukan beberapa saran di atas, diharapkan pengelolaan uang THR pun menjadi lebih baik dan terhindarkan dari perilaku konsumtif.

Penulis: Kompas Corner/ Agung Destian Putra

Editor: Kompas Corner/ Verren Christy

Ilustrator: Kompas Corner/ Ericha Surya