Yuk, Buat Liburan Kalian Lebih Bermakna

0
170

Di masa-masa liburan yang hampir berakhir ini pastinya kalian sedang bermalas-malasan di tempat tidur, bermain gawai, dan banyak kegiatan yang membuat liburan terbuang sia-sia. Sebenarnya, liburan itu tidak harus dihabiskan dengan berleha-leha saja, loh.

Kalian bisa menjadikan liburan lebih bermakna dan menghasilkan hal-hal yang berguna. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah.

Hal yang pertama adalah membuat proyek-proyek DIY (Do It Yourself). Konsep yang dimaksud dengan DIY ini adalah kalian bisa berkreasi sekeren mungkin untuk membuat lingkungan kalian semakin bagus.

Kalian bisa menggunakan kamar atau alat-alat lain yang sering digunakan sehari-hari untuk mengerjakan proyek DIY. Misalnya saja mendekorasi ulang kamar kalian dengan tema-tema ala pinterest. Caranya mudah, cari tutorial dan tips sebagai ide untuk mendekorasi kamar kalian di internet.

Saat liburan berakhir, Abrakadabra! Kamar menjadi lebih rapi, artistik, dan membuat kalian merasa nyaman menghabiskan waktu di dalamnya.

Tips yang satu ini patut dicoba, lho, MuDaers. Kenapa? Karena liburan ala backpacker itu menguji sisi petualang dalam diri kalian. Kalian bisa merefleksikan diri dan menemukan sisi lain dari diri kalian.

Selain itu, bagi kalian yang menyukai fotografi, kegiatan ini akan menjadi wadah untuk berburu foto yang unik dan langka. Kalian juga bisa memotret jajanan kuliner unik yang ditemui selama liburan. Asyik, bukan?

Untuk backpackeran, kalian enggak perlu mencari tempat yang jauh-jauh. Indonesia kaya sekali dengan keindahan alamnya. Ke mana pun kalian pergi pasti enggak akan pernah nyesel.

Tidak harus buku-buku tebal dan membosankan. Buku-buku humor dan ringan dijamin membuat liburan menyenangkan. Kalian juga bisa mencoba membaca buku-buku motivasional agar hidup kalian semakin berkualitas. Kalian pecinta komik? Boleh! Apapun bentuknya, buku adalah jendela ilmu. Sedikit banyak pasti akan bermanfaat dan berdampak dalam hidup. Ayo buktikan!

Untuk kalian yang masih duduk di bangku sekolah dan kuliah, tidak ada salahnya belajar untuk mempersiapkan semester baru. Meskipun hanya sedikit, tetapi itu akan sangat membantu proses pendidikan kalian nanti. Kalian akan lebih menguasai materi pelajaran dan prestasi belajar akan semakin baik. Tidak perlu sampai berjam-jam. Cukup luangkan 30 menit dalam keseharian kalian untuk belajar sudah cukup kok.

Liburan kalian akan lebih bermakna jika digunakan untuk membantu orang lain. Dalam liburan kali ini kalian bisa mencoba melakukan kegiatan bakti sosial bagi mereka yang membutuhkan.

Ajaklah teman-teman untuk ikut serta agar kegiatan kalian lebih seru. Kalian bisa berkunjung ke panti asuhan atau panti jompo. Luangkan sedikit waktu kalian untuk mereka yang membutuhkan. Kebahagiaan mereka juga akan membawa kebahagiaan untuk kalian.

Kalian cepat bosan? Ingin mengubah dirimu yang lama? Kalian bisa melakukan makeover atau transformasi  pada penampilan kalian. Berkreasilah dengan gaya rambut dan busana. Buat sebuah perubahan pada gaya kalian yang tadinya “itu-itu-saja” dan coba untuk menampilkan sisi baru dalam diri kalian.

Kalian bisa membuat orang-orang tercengang kagum terhadap diri kalian yang baru setelah liburan. Siapa tahu, perubahan yang kalian lakukan membuat penampilan menjadi lebih segar dan unik.

Saatnya temu-kangen! Pertemuan kalian dengan sahabat dekat terhalang jadwal dan aktivitas padat kamu setiap hari? Tenang, liburan kali ini luangkan waktu kosong untuk bertemu kerabat.

Meluangkan waktu setidaknya beberapa jam untuk bertemu dan mengobrol dengan sahabat kalian. Kalian bisa update tentang kehidupan-kehidupan dan aktivitas mereka juga. Jadi, hubungan kalian tetap erat dan dekat meskipun jarang bertemu.

Apakah kalian sudah melakukan salah satu dari kegiatan-kegiatan di atas? Kalau belum, yuk, dicoba!

 

Penulis    : KOMPASCORNER/Winda Paramita

Editor      : KOMPASCORNER/Verren Christy

Ilustrator : KOMPASCORNER/Ericha Surya