4 Olahraga Terunik di Dunia

0
28

Banyak ragam olahraga yang sudah terkenal di seluruh dunia. Misalnya basket, sepak bola, dan bulu tangkis yang tentunya bukan merupakan hal yang asing lagi dalam dunia olahraga. Hampir setiap orang mengenal olahraga yang sudah umum di masyarakat ini. Namun, orang-orang mulai berinovasi untuk membuat jenis olahraga baru yang unik dan mungkin terdengar aneh di telinga kalian. MuDaers, mari simak empat olahraga terunik di dunia berikut ini.

  1. Menggendong Istri

“Menggendong Istri” atau “Wife Carrying” merupakan olahraga unik yang aslinya berasal dari sebuah daerah di Finlandia, yaitu Sonkajarvi. Walaupun terdengar aneh dan lucu, olahraga ini ditanggapi dengan serius hingga penyebarannya mencapai Amerika Utara pada tahun 1999. Olahraga ini bahkan dibuat sebagai acara kejuaraan tahunan. Cara mainnya unik, yaitu melibatkan pria yang menggendong wanita (biasanya pasangan suami istri) sambil berlari melewati berbagai rintangan. Pemenangnya adalah pasangan yang berhasil mencapai garis akhir dengan waktu tercepat.

2. Melempar Telur

Seperti namanya, olahraga ini melibatkan orang yang melempar dan menangkap telur. Olahraga ini disukai banyak orang karena dianggap menghibur, terutama ketika menonton kelucuan orang yang gagal menangkap telur yang dilempar. Pemenang olahraga Egg Throwing dari berbagai negara dapat berlaga di kejuaraan dunia melempar telur (The World Egg Throwing Championship) yang diselenggarakan tahunan di Swaton, Inggris.

3. Balapan Burung Unta

“Ostrich Racing” atau Balapan Burung Unta bukan merupakan olahraga yang mudah untuk dilakukan. Bayangkan, kalian duduk di atas burung unta yang tingginya bisa mencapai 4 meter dan berlari dengan kecepatan mencapai 70 km/jam. Olahraga ini aslinya berasal dari daerah Afrika, tetapi kemudian berkembang hingga ke Amerika. Walaupun berbahaya, olahraga ini cukup populer di Amerika Serikat dengan adanya “Chandler Ostrich Festival” di Arizona yang berhasil menarik perhatian lebih dari 100.000 pengunjung.

4. Sepak Takraw

Berasal dari Kesultanan Melayu, olahraga ini merupakan campuran dari sepak bola dan voli, serta dimainkan di lapangan ganda bulu tangkis. Peraturan dasarnya adalah peraturan voli, tetapi memiliki perbedaan, yaitu pemain tidak boleh menyentuh bola dengan tangan (harus menggunakan kaki). Olahraga ini cukup terkenal di daerah Asia Tenggara, terbukti dari adanya kejuaraan bergengsi dari cabang ini, yaitu King’s Cup World Championship yang terakhir kali diselenggarakan di Bangkok, Thailand.

Nah, itulah empat olahraga unik yang lain daripada yang lain. Olahraga mana yang menurut kalian paling menarik, MuDaers?

Penulis: Kompas Corner/Verren Christy

Ilustrasi:Kompas Corner/Ericha Surya