Anak Muda, Stop Kebiasaan Begadang!

0
202
Ilustrasi bergadang

Zaman sekarang, begadang seakan sudah menjadi bagian dari gaya hidup modern anak muda. Rasanya, waktu 24 jam dalam sehari seakan tidak cukup. Di kota metropolitan seperti Jakarta, misalnya, coba saja kalian perhatikan tempat-tempat yang buka 24 jam dalam sehari. Dari sekian banyak pengunjung, kebanyakan pasti didominasi oleh anak muda.

Ada banyak alasan yang melatarbelakangi hal tersebut. Contohnya, salah satu di antaranya adalah seorang mahasiswa yang begadang karena harus menyelesaikan tugas kuliah yang diberikan dan deadline sudah dekat. Ada juga anak muda yang sekedar hang out dan menghabiskan waktu bersama temannya hanya karena tidak bisa tidur. Ada juga mereka yang menghabiskan waktu yang seharusnya dipakai untuk beristirahat dengan menonton serial favorit sampai pagi di rumah.

Sebenarnya kebiasaan ini tidak boleh sering-sering dilakukan. Mengapa demikian? Sebab tubuh kita memiliki keterbatasan dalam menanggung beban dari aktivitas sehari-hari. Kita diharuskan tidur sebenarnya ada alasannya. Pada saat tidur, itulah kesempatan bagi tubuh kita untuk beristirahat dari segudang aktivitas keseharian. Itulah mengapa saat kita bangun dari tidur, tubuh terasa lebih rileks dan efeknya kita akan lebih bersemangat untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Begadang juga punya efek samping terhadap kalian. Terlalu sering begadang dapat merugikan kalian, baik secara fisik maupun psikis. Kerugian dalam segi fisik misalnya wajah yang lesu dan kantung mata yang hitam dan membesar. Dalam segi psikis, kurang tidur akan membuat kalian kesulitan berkonsentrasi dan tidak bersemangat menjalani hari karena lelah. Belum lagi berbagai masalah kesehatan lain yang juga rentan menghampiri seperti depresi, hipertensi, obesitas, dan penyakit lainnya.

Selalu ada solusi dalam setiap permasalahan. Dalam kasus begadang, disiplin dalam penggunaan waktu pada aktivitas keseharian sebenarnya mampu menjadi solusi yang ampuh untuk menghindari kejadian penyitaan waktu yang seharusnya dipakai untuk beristirahat. Misalnya jika kalian adalah mahasiswa, kalian bisa meminimalisasi keharusan bergadang dengan membagi porsi waktu yang ada secara efektif.

Jika kalian diberi tugas, sebaiknya jangan menunggu hingga mendekati deadline baru dikerjakan. Sebaiknya kalian kerjakan langsung hari itu juga. Jika kalian tidak sanggup menyelesaikannya dalam sehari atau tugas yang diberikan lebih dari satu, kalian bisa mencicil tugas itu dengan mempertimbangkan tenggat waktu yang diberikan. Jadi, sekalipun mendekati deadline, kalian tidak perlu mengeluarkan banyak waktu untuk menyelesaikannya karena sudah dicicil sebelumnya. Dengan begitu, kalian tidak perlu bergadang hanya untuk tugas.

Solusi ini tidak selalu harus diterapkan sesuai skenario di atas. Intinya adalah kalian disiplin dengan waktu dan tidak membuang sia-sia waktu yang ada untuk hal yang tidak produktif seperti hang out atau menonton film saja.

Jadi, mulai sekarang kurangi kebiasaan begadang, yuk!

Penulis : Kompas Corner/Nico Wiranito

Editor : Kompas Corner/Verren Christy

Ilustrasi : Kompas Corner/Ericha Surya