Jaz Suka “Stalk” Mantan

0
212
Jaz, penyanyi berdarah campuran Brunei-Indonesia tampil di Java Jazz Festival 2018, Sabtu (3/3) malam. Foto: Zulian Fatha Nurizal

Kita sebagai penimat musik dan masyarakat biasa banyak yang bercita-cita ingin menjadi panyanyi. Tapi semua hal itu tidak bisa diraih dengan cepat, seperti penyanyi kenamaan Jaz. Beberapa tahun berkarier di Jakarta sebagai penyanyi, Jaz hampir putus asa karena lagu-lagunya masih belum dikenal. Sampai akhirnya lagu “Dari Mata” meledak di pasar.

Ia tampil memukau para penonton pada penat musik Java Jazz Festival 2018, Sabtu (3/3) di panggung Food Court. Penonton yang ingin menyaksikan penampilan penyanyi berdarah campuran Brunei–Indonesia ini sudah antre sejak setengah jam sebelum acara dimulai. Penonton Jaz kebanyakan para remaja putri yang sedang kasmaran karena datang bersama pacar. Ada juga beberapa pasangan suami istri yang ingin menikmati malam minggu sambil bernostalgia.

Jaz tampil dengan pakaian khas pantai kemeja motif bunga warna jingga, dengan celana putih menambah kesan pantai yang classy dan santai. Pada malam itu Jaz membawakan 6 lagu, 3 lagu di antaranya adalah single andalannya yaitu “Teman Bahagia”, “Kasmaran”, dan “Dari Mata”. Dua lagu sisanya adalah lagu cover yang dibawakan Bruno Mars. Ia juga  memperkenalkan single terbarunya.

Jaz, penyanyi berdarah campuran Brunei-Indonesia tampil di Java Jazz Festival 2018, Sabtu (3/3) malam.
Foto: Zulian Fatha Nurizal

Jaz menyanyikan lagu “Teman Bahagia” di awal penampilannya. Para penonton terhanyut dalam lagu yang dibawakannya, sampai semua penonton yang hadir ikut bernyanyi kompak. Jaz yang tidak ingin kehilangan momen mengabadikannya dengan gawai, ia bernyanyi sambil merekam. “Nanti aku masukin Insta Story, nyanyi bareng ya,” ujar Jaz dilanjutkan nyanyian kompak para penonton.

Jaz sampai turun kabawah panggung mengabadikan para penonton dalam gawainya. Sambil tertawa di sela nyanyiannya ia bertanya pada salah satu penonton, “Kamu namanya siapa? Mau gak jadi teman bahagiaku?” sontak penonton berteriak tanda baper dengan gombalannya itu.

Lagu “Kasmaran” tak lupa dibawakan Jaz malam itu, sebelum mulai bernyanyi Jaz mendegar ada yang berteriak ‘Saranghae’ sambil memberikan simbol jari kecil tanda cinta ala korea. “Itu artinya apa sih?” tanya Jaz.

“I Love You mas, ” ujar salah satu fans.

“ I Love You To” jawabnya. “Aku sering dikasih tanda kaya gitu, aku enggak ngerti. Oh itu artinya,” tambah Jaz.

Malam itu, ia memperkenalkan single terbarunya. Ia bercerita lagu ini diciptakannya untuk orang yang suka stalker mantan, padahal ia sudah punya pacar. “Ngaku siapa yang suka ngintip profil mantan ? sampai kena like?” tanya jaz. Penonton langsung tertawa.

Lagu “Dari Mata” yang membawanya merajai tangga lagu musik indonesia dijadikannya lagu pamungkas penutup penampilannya. Ia bercerita lagu itu  terinspirasi dari temannya yang sudah lama tak berjumpa. Ditanya, dari mana? Temannya menjawab, “Dari mata turun ke hati.”

Jawaban ituterngiang sampai dijadikannya lagu. Semua penonton ikut berjingkrakan dan kompak bernyanyi. Sebelum mengakhiri lagu jaz masih sempat gombal kepada fansnya “Namu kamu siapa?”

“Hani mas,  Hani?

“Dari mata turun ke Hani,” balas Jaz.

Seluruh penonton kembali dibuat baper dengan gombalan penyanyi bernama asli Aziz Hidayat ini.

 

Penulis dan fotografer:

Zulian Fatha Nurizal

Mahasiswa Jurusan Manajemen Komunikasi

FIKOM-IISIP Jakarta

(Saat ini sedang magang di Kompas Muda Harian Kompas)