4 Jenis Makanan dan Minuman Terlarang Setelah Konsumsi Obat

0
46
Keempat jenis makanan dan minuman ini mungkin bukanlah musuh bagi kesehatan tubuh; namun tetap perlu diperhatikan, terlebih lagi setelah baru saja selesai mengonsumsi obat.

Cuaca semakin tidak menentu seperti pada Desember ini, semakin banyak orang yang mulai mengidap penyakit disebabkan suhu dan iklim yang tidak dapat diprediksi. Tanpa kita sadari, konsumsi obat pasti akan ikut meningkat bersamaan dengan banyaknya penyakit yang mewabah. Mengonsumsi dosis yang dianjurkan akan membuat tubuh pulih secara perlahan, bersamaan dengan itu, konsumsi makanan dan minuman lain pun perlu dijaga. Apakah kalian tahu, terdapat beberapa jenis makanan dan minuman yang dilarang dikonsumsi setelah meminum obat? Coba kita lihat yang dibawah ini!

  1. Cokelat

Setelah kita mengonsumsi obat, jangan mengonsumsi makanan yang mengandung kafein. Cokelat termasuk makanan yang mengandung kafein meskipun kadar yang ada di dalamnya tidak sebanyak kopi. Dalam cokelat, terdapat kandungan theobromine yang jika dikonsumsi bersamaan dengan obat jenis Ritalin, akan mengakibatkan efek lebih cepat marah dan lemas. Cokelat yang dikonsumsi saat batuk dan pilek juga mengakibatkan pembentukan mukus atau lendir yang berlebihan.

2. Susu dan Minuman Bersoda

Ketika kita mengkonsumsi obat, banyak petunjuk konsumsi yang mengatakan ‘setelah makan’. Hal ini dapat berarti obat akan lebih efektif jika dikonsumsi bersamaan dengan kerja lambung, atau mungkin obat-obatan yang dikonsumsi dapat berakibat kenaikan asam lambung sehingga tidak boleh dikonsumsi dalam keadaan perut kosong.

Ketika kita mengonsumsi minuman bersoda setelah minum obat, maka hal ini dapat meningkatkan kadar gas didalam lambung dan dapat mengakibatkan iritasi lambung. Bukan hanya soda, meminum susu dapat juga dapat menetralkan fungsi obat yang kita makan sebelumnya, menjadikan tidak efektif lagi. Selain susu dan minuman bersoda, tentu kamu juga harus menghindari minuman isotonik dan berakhohol. Menurut riset minuman ini juga dapat menurunkan efek dari obat yang kita konsumsi. Wah, totalnya ada empat. Banyak, ya?

3. Daging

Bagi mereka yang mengkonsumsi obat antidepressan, sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi daging setelah meminum obat karena akan mengakibatkan tekanan darah yang berangsur-angsur meningkat.

4. Jus buah

Meskipun jus buah mengandung banyak vitamin bagi tubuh kita, nyatanya mengkonsumsi jus buah setelah minum obat itu tidak baik, lho. Berdasarkan sebuah penelitian di Universitas Western Ontario, Kanada, mengkonsumsi jus buah dapat menyebabkan terganggunya ketahanan tubuh terhadap obat. Beberapa jus yang paling dikenal dapat mengurangi ketahanan tubuh terhadap obat adalah jus jeruk, apel, dan anggur.

Itu dia beberapa makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi setelah minum obat. Tidak perlu khawatir, cukup berikan jeda waktu sekitar 2-3 jam jika ingin mengonsumsi keempat jenis makanan dan minuman tersebut. Nah, Komcorian, ayo jaga kesehatan kalian mulai dari hal yang paling kecil!

 

 

Penulis: Kompas Corner/Winda Paramita
Editor: Kompas Corner/Edwin
Ilustrasi: Kompas Corner/

Dilansir dari deherba.com