Yuk Jadi Mahasiswa Sehat!

0
51
Ilustrasi Mahasiswa Sehat

SERPONG, KOMPAS CORNER – Sebagai mahasiswa, sering kali kita merasa lelah dengan berbagai tugas yang menumpuk. Kita dituntut untuk aktif dan terus berinovasi. Tetapi kadang mental dan fisik kita tidak mampu untuk menyanggupi itu semua. Oleh karena itu, kami memiliki tips dan trik untuk teman-teman tentang bagaimana sih cara hidup sehat ala mahasiswa. Yuk disimak!

  1. “Kalau capek, ya tidur dulu.” Banyak dari kita yang memaksakan untuk begadang karena deadline yang di depan mata. Padahal sinyal tubuh minta tidur itu bukan perkara sepele loh. Kalau kita tidak bisa tidur 7-8 jam, coba usahakan tidur yang cukup. Jangan lupa nyalakan alarm supaya bisa bangun. Dijamin setelah tidur, otak dan badan kita akan kembali fresh dan inspirasi tugas akan mengalir. Jangan cuma gawai kita saja yang dicas, badan kita juga! Kalo kamu ngotot jalan terus tapi badan kamu menolak, kamu bisa apa?
  2. Tentukan prioritas, ketahui batas. Ketika merasa bosan dengan aktivitas kuliah yang gitu-gitu saja, pasti kita akan mencari aktivitas lain di luar kegiatan perkuliahan, seperti mengikuti UKM, kepanitiaan, organisasi, part-time job, dll. Tapi tunggu dulu, jangan sampai kita ikut ini-itu padahal fisik dan mental kita merasa tidak mampu. Coba kategorikan mana yang menjadi skala prioritas kita. Buat jadwal kegiatan dan kerjakan tugas dengan efektif supaya tidak buang-buang waktu. Setelah itu tentukan hari libur untuk diri kita sendiri.
  3. Jaga asupan gizi bagi tubuh kita, yang bisa kita dapat dari makanan dan minuman 4 sehat 5 sempurna. Kita cenderung lebih suka membeli makanan di luar, mungkin karena malas untuk memasak dan memang lebih praktis. Coba mulai dipilih-pilih makanan apa yang sebaiknya kita beli atau tidak kita beli. Bisa juga kita mulai belajar memasak sendiri. Sekarang banyak loh, tutorial di YouTube tentang cara planning makanan kita seminggu ke depan. “Ah, tapi kan makanan sehat bahannya mahal-mahal.” Tenang, supermarket yang menawarkan diskon saat hari libur atau bahkan diskon setiap hari mendukung kantong mahasiswa.
  4. Minum air putih sesuai kebutuhan tubuh. Pernah dengar 60-80% badan manusia berupa cairan? Faktanya memang air sangat penting bagi tubuh kita. Air berfungsi untuk melancarkan peredaran darah, mengeluarkan racun, menjaga kesehatan kulit, dan berbagai keuntungan lain. Pasti kita semua pernah merasakan yang namanya haus sekali dan hal pertama yang kita cari adalah air.  Bayangkan, tanaman saja yang tidak disiram seharian bisa layu, apalagi badan kita. Sekarang ada juga Hydration Calculator, yaitu sebuah aplikasi yang dapat membantu kita mengetahui seberapa banyak air yang kita butuhkan.
  5. Olahraga, seperti jogging, atau ikut UKM yang memang melakukan olah fisik. Dengan olahraga, otot-otot kita dilatih untuk bergerak, sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh pun menjadi lancar sehingga metabolisme tubuh menjadi optimal. Olahraga yang baik juga memperhatikan kebutuhan tubuh. Ada jenis olahraga yang memang sebaiknya dilakukan setiap hari, namun ada pula yang sebaiknya dilakukan 2-3 kali seminggu saja.
  6. Menjaga kebersihan diri dan tempat tinggal. Tanpa kita sadari lingkungan sangat bepengaruh bagi mental dan juga fisik kita. Tentunya dengan menjaga lingkungan, kita akan terhindar dari penyakit dan lebih termotivasi untuk beraktivitas.

Itu dia tips dan trik hidup sehat ala mahasiswa yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti ungkapan Latin yang sering kita dengar, “Men Sana in Corpore Sano” (dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat). Selamat beraktivitas!

 

Penulis: Kompas Corner/Adina Fayza Gayo

Editor: Kompas Corner/Clara Tania

Ilustrasi: Kompas Corner/Vanessa Salamintargo

Website Hydration Calculator: http://www.bottledwater.org/public/hydcal/input1.html