Kemeriahan Budaya Populer di Indonesia Comic Con

0
45
Cosplayer internasional asal Ukraina, Pugoffka!, tampil di Indonesia Comic Con 2017.

Lalu lalang beragam cosplayer ikut meramaikan Indonesia Comic Con (ICC) 2017. Antusiasme pengunjung dalam the biggest event pop culture di Indonesia sangat tinggi selama dua hari berturut-turut dari mulai Sabtu (28/10/2017) hingga Minggu (29/10/2017). Termasuk event berskala internasional membuat antusiasme tak hanya datang dari warga Indonesia tetapi juga dari pengunjung mancanegara.

ReedPOP melalui Reed Panorama Exhibitions (RPE) kembali menyelenggarakan acara tahunannya di Jakarta Convention Center, Jakarta. ReedPOP sebelumnya sudah dikenal sebagai penyelenggara acara budaya pop terbesar di Amerika Serikat, termasuk New York Comic Con (NYCC).

Mengangkat tema “We Are Pop Culture”, Indonesia Comic Con berusaha menyeimbangkan antara konten eastern dan western bahkan unsur eropa juga dilibatkan. Di tahun ke-3 ini, ICC menyajikan hal-hal baru dalam penyelenggaraannya. Mulai dari guest star yang semakin wah, arena khusus games, sneakers zone dan The Walking Dead escape room. Terdapat 2 hall berbeda, Hall A berisi toys hunting ground, artist valley, comic food street, dan yang paling penting adalah Galaxy Stage.

Yap, galaxy stage ini adalah surganya para gamers. Khusus tahun ini, ICC mendedikasikan galaxy stage untuk keseruan gaming mulai dari yang paling jadul seperti Super Nintendo, Gameboy, arcade classic hingga game arcade canggih seperti Sound of Voltex, Pump In up, Danz Base, dan games lainnya. Ada juga teknologi Virtual Reality serta Turnamen Gaming yaitu Armaggeddon Cup!

Terlihat beberapa komunitas games yang berkumpul di area Galaxy Stage. Keseruan mereka makin terlihat saat saling berkompetisi  untuk menjadi pemenang. Pengunjung yang penasaran dapat melihat langsung sengitnya kompetisi games tersebut di layar raksasa yang tersedia. Nah, selain games Hall A ini tempat yang cocok banget buat Mudaers yang suka barang-barang lucu. Tempelan kulkas, stiker kuku, kacamata, bahkan baju kawai khas jepang juga ada.

Para cosplayer profesional seperti Angie, Pion Kim, Pugoffka dan Alston menceritakan pengalamannya dan memberikan tips dan trik.

Jika di Hall A lebih ramai, berbeda dengan hall B yang terdapat Empire stage khusus untuk konten-konten budaya populer lainnya seperti  komik, movie, anime, dan cosplay. Buat Mudaers yang menggemari Star Wars, pasti bahagia banget kan bisa belanja kaos, sandal, mainan, bahkan peralatan tulis yang serba Star Wars. Dengan kisaran harga mulai Rp 100.000 sampai Rp 1 juta disertai dengan diskon yang cukup menggiurkan. Diskon yang diberikan lumayan besar loh, sekitar 30 persen hingga 70 persen. Enggak heran kalau banyak yang memborong kaos. Banyak sekali yang mencari kaos dengan gambar tokoh kesukaannya, sehingga beberapa konsumen kehabisan ukuran yang diinginkan.

Oh iya, dengan banyaknya cosplayer yang berlalu lalang ternyata beberapa dari mereka ada yang mendapat akses masuk istimewa mulai dari pukul 10.00. Tetapi, untuk mendapat akses ini tentu tidak mudah lho. “Kami harus bener- bener mirip sama tokoh tersebut. Harus detail dan high quality,” ujar Ina yang menjadi cosplayer Lina dari Dota 2. Sayangnya, Ina dan dua orang temannya, tidak mendapat akses tersebut karena terlambat datang.

Para cosplayer menjadi pusat perhatian selama acara berlangsung. Mulai cosplayer professional seperti cosplayer cantik dari Ukraina Pugoffka,  Pion Kim, Angie dan Alston Stephanus. Mereka juga punya stand sendiri, jadi pengunjung bisa langsung tatap muka sama mereka, foto bareng hingga meminta tanda tangan. Terlihat para cosplayer sangat all out dalam penampilam mereka. Cosplayer DC comic seperti Wonder Woman, Joker, Harley Quinn seringkali dimintai foto oleh pengunjung.

Guest Star tahun ini juga tak kalah kerennya. Salah satunya, Daniel Logan yang memerankan Boba Fett muda di Star Wars II dan Jason David Frank pemeran Green Rangers di serial Power Rangers. Nah, di Empire Stage, Daniel Logan menceritakan perjalanan hidupnya hingga bisa memerankan tokoh Boba Fett. Pembawaannya yang lucu seringkali membuat penonton tertawa, bahkan dia menunjukkan sedikit memamerkan kemampuan perannya di Star Wars.

Nah, pecinta budaya populer semakin penasaran kan siapa saja yang akan hadir tahun depan. Makanya, jangan ketinggalan yaaa… catat jadwal Indonesia Comic Con berikutnya pada tanggal 27-28 Oktober 2018. Sampai jumpa tahun depan di ICC, guys!

 

Reporter : Faizah Diena Hanifa, SMAN 2 Cibinong

Fotografer : Aisyah Indriaeni, SMAN 2 Cibinong