Bersiap Menjadi Volunter Asian Games 2018

0
17
Foto: Zulian Fatha Nurizal

Pesta Olahraga bangsa Se-Asia yaitu Asian Games 2018 akan digelar di Jakarta dan Palembang pada tahun depan, namun euforianya sudah mulai terasa. Salah satunya terlihat di stand Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC) di acara GOIFEX EXPO yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center sejak tanggal 18-20 Agustus 2017.

Banyak pengunjung yang datang untuk menanyakan bagaimana caranya menjadi volunter di ajang bergengsi Asian Games 2018. Pesta olahraga empat tahuan ini akan terbagi dalam dua acara, yaitu Test Event yang akan berlangsung Desember 2017 dan Asean Games yang dimulai 18 Agustus 2018.

Tara Talitha selaku HR & Volunteer Dept Asian Games 2018, mengatakan, ajang ini akan membutuhkan banyak sekali volunteer “Kita akan banyak membutuhkan volunteer, untuk Test Event sendiri kita akan menerima 2000 orang dan untuk acara utama sebanyak 13.000,” katanya.

Tara menambahkan, pendaftaran volunter dibuka pada pertengahan September 2017, dengan menggunakan sistem online di website Asian Games 2018. “Kita menghindari calo dan ingin mencari orang-orang yang benar ingin membantu mengsukseskan Asian Games 2018 jadi semua pendaftaran akan dilakukan di website sekitar pertengahan september,” ujar Tara

Untuk mekanisme seleksi volunter akan dibagi menjadi 3 tahap yaitu pendaftaran yang dilakukan di website resmi Asian Games 2018. Tahap kedua adalah screening oleh panitia INASGOC, pada saat screening ini rekam jejak prestasi calon volunter akan sangat menentukan. Kemudian akan dilakukan wawancara dan psikotes. Harapannya, rekrutmen volunter ini akan selesai pada November 2017.

“Untuk test event selesai seleksi November kalau acara utama karena lebih banyak akan dimulai Januari 2018,” ujar Tara.

Syarat untuk menjadi volunteer Asian Games 2018 secara umum berusia antara 18 tahun sampai 35 tahun. Volunter harus bisa dan lancar berbahasa Inggris atau bahasa Asia lainnya seperti Mandarin, Jepang, Korea, dan Thailand. Dan yang paling penting komunikatif dan bersemangat dalam event Asian Games 2018.

Dalam acara Asian Games Goifex Expo juga dipamerkan desain venue yang akan digunakan dalam Asian Games seperti Stadion Utama GBK, Pacuan Kuda Pulomas, wisma atlet, Veldrome Rawamangun, dan lain lain. Wah! Sudah enggak sabar ya untuk jadi bagian dari sejarah bangsa?

Sudah siapkah kita untuk jadi Energy Of Asia?