Habiskan Akhir Pekan di Curug Pangeran

0
34
Tiga orang anggota Wapala SMA Kornita-IPB sedang berfoto dengan memegang slayer Wapala. Foto : Dzaka Adilla Razaan

Bagaimana akhir pekannya Mudaers? Mengasyikan? Atau malah membosankan? Pastinya MuDaers menginginkan akhir pekan yang mengasyikan yaa.

Banyak cara yang bisa dilakukan saat akhir pekan untuk mengusir penat setelah lima sampai enam hari bersekolah, kuliah, maupun bekerja. Mulai berkumpul dengan orang-orang tersayang, bermain alat musik dan bernyanyi, bermain game, berolahraga, wisata kuliner, hingga wisata alam. Pastinya setiap kegiatan akhir pekan punya keasyikan masing-masing.

Para Siswa Pencinta Alam SMA Kornita-IPB (Wapala) memilih menghabiskan akhir pekan, Sabtu (5/8), dengan bermain air di Curug Pangeran, Bogor, Jawa Barat. Curug Pangeran adalah salah satu obyek wisata di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), tepatnya di Taman Wisata Gunung Bunder, Kecamatan Pamijahan, Bogor. Selain Curug Pangeran, di lokasi ini juga terdapat banyak air terjun, seperti Curug Ngumpet, Curug Cigamea, Curug Kondang, Curug Seribu, dan lain-lain.

Lokasi Curug Pangeran yang jauh dari pusat Kota Bogor memang memakan waktu yang cukup lama, kurang lebih 1-3 jam perjalanan tergantung kondisi lalu lintas. Meskipun letaknya cukup jauh, namun akses menuju Curug Pangeran tidak sulit. MuDaers disarankan menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan saja, karena angkutan kota (angkot) menuju Pamijahan terbilang langka. Dari Kota Bogor atau Jakarta menuju curug bisa lewat  Dramaga dan Ciampea. Lalu dari pertigaan Cikampak belok kiri, setelah itu ikuti jalan utama menuju Taman Wisata Gunung Bunder.

Tiket masuk Taman Wisata Gunung Bunder sekitar Rp10.000 per orang. Tiket masuk Curug Pangeran Rp10.000 per orang. MuDaers  tidak usah khawatir dengan  fasilitas di Curug Pangeran. Di sana sudah tersedia  fasilitas yang cukup memadai untuk melayani wisatawan seperti lahan parkir yang luas, mushola, toilet,  kamar bilas, warung yang menyediakan berbagai macam minuman hangat, aneka mie instan, nasi uduk, dan gorengan. Kalau mau menginap, tersedia tempat untuk camping.

Bermain air di Curug Pangeran pada Sabtu (5/8) lalu bukan pertama kalinya bagi Wapala SMA Kornita. Setidaknya Wapala SMA Kornita sudah tiga kali bermain air di tempat ini. Mereka kembali antara lain karena tempatnya cocok untuk berenang. Di bawah aliran air terjun terbentuk kolam alami yang kedalamannya kurang lebih 2-3 meter.

Selain berenang, curug ini juga cocok untuk dijadikan tempat selfie dan berfoto ria. Airnya jernih berwarna kehijauan, arusnya  tidak terlalu deras, dan didukung oleh pepohonan rindang yang memberikan suasana sejuk dan nyaman untuk melepas penat.

Penulis

Aunal Adha Sulistiari

Magangers Kompas Muda Batch IX

Siswa SMA Kornita-IPB Bogor