Generasi Langgas, Kembangkan Passion-mu

0
41
Pemain sepak bola Michael Essien dan Kim Kurniawan berbagi pengalaman tentang "Building Wealth Form Your Passion", di Jakarta, Rabu (2/8).

Peduli dengan perkembangan diri generasi milenial atau generasi langgas melalui passion, Permata Bank menggelar talkshow bertajuk “Building Wealth from Your Passion” di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, pada Rabu (02/08/17). Talkshow ini menghadirkan beberapa pembicara ternama, yakni Melissa Sunjaya, Michael Essien, Kim Kurniawan, dan Rene Suhardono.

Passion adalah produk kesadaran, bukan pikiran,” ujar Rene, penulis, public speaker, sekaligus education reformist membuka talkshow yang target utamanya generasi langgas tetapi juga diminati oleh generasi lainnya.

Dalam talkshow tersebut, Rene mengatakan, generasi langgas sekarang cenderung hanya ingin enaknya. Tanpa ingin mengetahui proses bagaimana seseorang bisa akhirnya sukses, kita cenderung ingin hasil akhir yang baik.

Banyak orang berpikir bahwa pendidikan adalah kunci paling utama seseorang agar bisa sukses. Nyatanya, hanya 9 persen dari 128 juta tenaga kerja di Indonesia merupakan lulusan Diploma dan jenjang pendidikan tinggi di atasnya. Sisanya, banyak yang tidak sampai menjunjung pendidikan tinggi tetapi dapat bekerja sesuai passion-nya dan sukses.

“Yang lebih memprihatinkan, masyarakat Indonesia ini over schooling, tapi less learning,” ungkap Rene.

Ketika ditanya hubungan antara passion  dengan uang, Kim yang kini bermain untuk Persib menuturkan bahwa kedua hal itu haruslah sejalan. “Kalau kamu jago di bidang tersebut yapi tidak menghasilkan uang, berarti itu hanya hobi. Tetap harus punya pekerjaan yang kita jago di bidangnya, suka, dan menghasilkan uang,” ujar Kim.

“Cukup atau tidak, ya, beda lagi. Tergantung target hidup seperti apa,” lanjutnya.

Berbagai anggapan muncul bahwa passion harus selalu dijalani dengan hati yang penuh suka cita. Namun, menurut Melissa yang sudah berkecimpung dalam artpreneur ternamanya, Tulisanku, mengungkapkan bahwa justru passion harus dijalani dengan penuh perjuangan.

“Kita harus berjuang untuk passion kita. Suka duka harus tetap dijalani. Konsistenlah dalam bidang yang kamu jalani,” tutur Melissa.

Nah, bagaimana dengan kamu, Mudaers? Apa kamu sudah menemukan passion-mu dan mendalaminya?

Penulis : Geofanni Nerissa Arviana

Foto: Gregorius Aldi / Magangers Kompas Muda Batch VII