Polisi yang Mengagumkan

0
149

Polisi adalah suatu pekerjaan yang mengagumkan. Pekerjaan yang mempunyai kedudukan yang cukup tinggi dalam negara. Mereka menjadi motivasi bagi masyarakat terutama  generasi muda, agar bisa lebih maju dan tidak mudah terpengaruh  hal–hal buruk yang dapat merusak masa depan.

Mereka juga terlihat sangat berwibawa dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya baik dengan menggunakan seragam kebanggan mereka maupun tidak. Karena pada dasarnya mereka mempunyai peranan dalam negara dan juga masyarakat sebagai penegak hukum.

Polisi merupakan pahlawan bagi semua orang. Mereka selalu memberikan yang terbaik untuk semua orang. Mereka mengabdi kepada negara dan membantu siapa saja yang membutuhkan bantuan mereka. Selain itu, mereka menjadi pelindung untuk negara dan masyarakat apabila terdapat ancaman kejahatan yang merugikan dan membahayakan.

Mereka tidak pernah mengeluh atas semua tugas dan juga kewajiban yang diperintahkan yang harus mereka laksanakan dengan baik. Tidak ada kata lelah untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

Polisi disebut seorang pahlawan karena mereka adalah orang – orang yang rela berkorban untuk kebaikan bersama dan mereka mempunyai tanggung jawab serta kepedulian yang besar terhadap masyarakat. Mereka akan selalu melindungi masyarakat dari kejahatan yang berdampak buruk bagi banyak orang.

Mengayomi masyarakat dengan penuh kesabaran mereka lakukan agar masyarakat dapat lebih mengerti dan memahami dengan baik peranan mereka di dalam lingkungan. Kesabaran mereka tanamkan dari dalam diri mereka untuk bisa memahami dan memberikan yang terbaik karena akan banyak halangan dan rintangan yang mereka temukan. Hal itulah yang menjadikan mereka polisi yang mengagumkan dan mulia.

Polisi akan selalu ada untuk semua masyarakat tanpa membedakan derajat. Mereka akan berada di dekat masyarakat untuk tetap menjaga dan melindungi masyarakat. Mereka akan siap siaga saat dibutuhkan kapanpun dan di manapun. Mereka akan tetap melaksanakan tugas serta kewajiban yang diperintahkan kapan pun termasuk di waktu istirahat mereka, dan di mana pun, termasuk di tempat yang jauh dari keluarga tersayang. Mereka akan terus ada untuk semua masyarakat tanpa membedakan siapapun karena semua masyarakat berhak mendapat perlakuan dan perlindungan yang sama.

Mereka mempunyai tanggung jawab untuk melindungi, mengayomi,  dan memberikan yang terbaik semampu mereka. Mereka membuat kegiatan–kegiatan yang bernilai positif dan tentunya bermanfaat untuk semua orang, termasuk generasi muda.

Mereka memberikan arahan yang baik untuk masyarakat yang kurang mengerti adanya peraturan dan mereka selalu mengingatkan semua masyarakat agar tidak melakukan hal-hal buruk yang dapat merusak. Mereka juga memberikan apresiasi kepada masyarakat sehingga mereka bisa  melawan kejahatan.

Polisi merupakan cerminan masyarakat yang baik yang menjadi contoh dan bisa dijadikan teladan untuk generasi muda agar bisa lebih maju ke depannya. Cerminan masyarakat yang besar pengaruhnya untuk kehidupan anak bangsa. Bayangkan apabila mereka tidak ada di tengah–tengah masyarakat. Apakah hukum akan berlaku dan berjalan  jika tidak ada mereka sebagai penegak hukum.

Karena itulah kita harus bersyukur dan menghargai semua usaha yang telah mereka lakukan. Sudah seharusnya kita berpartisipasi dalam kegiatan–kegiatan yang mereka lakukan. Menghormati kerja keras mereka.

Penulis:
Zespy Ria Refvita,  SMA Yayasan Kemala Bhayangkari Cabang Lampung Utara

Foto: arsip panita Lomba Menulis Yayasan Bhayangkari