Mind Blowing Bersama Mind Blowon

0
656
Nurfadli Mursyid, creator komik strip Mind Blowon & Tahilalats

Pernah gak sih lo baca komik strip dan bingung apa maksudnya sampe harus scroll komennya supaya paham? Atau pernah gak sih lo baca komik empat panel yang langsung bikin ngakak dan ngerasa “Anjay, ini gue banget”. Komik ringan berisi kritik kehidupan anak muda sehari-hari yang sering kita anggap ngeselin ini emang ditujukan only for fun. Tentunya, udah banyak akun komik yang bertebaran di socmed karena komik di Indonesia udah mulai jadi industri. Komikus mulai bisa “hidup” dari konten yang dibuatnya.

Salah satunya komikus ber-tahilalats yang juga jadi kreator akun media sosial @mindblowon. Melalui gambar yang sederhana, ekspresi, dan ide yang ditampilkan mampu menjadi candu bagi para pembaca. Meski lo paham bener komiknya, apa lo tau sosok di baliknya? “Ya gitu sih, kebanyakan komikus emang ga mau nampilin kehidupan pribadinya. Biar karyanya aja yang tampil”, kata si creator Mind Blowon.

Nurfadli Mursyid, atau yang akrab dipanggil Fadli mulai bikin komik sejak 2013. Awalnya sih hanya iseng semata bikin di Facebook, lanjut coba-coba ke Kaskus sampe suruh orang-orang buat baca komiknya. Akhir 2014, mulai upload ke Instagram ternyata pembacanya meningkat drastis. Hal inilah yang membuat Fadli menekuni dunia perkomikan sampai sekarang. Sejak TK, Fadli kecil emang udah hobi gambar. Jadi, kalau lo liat buku zaman sekolah pasti isinya coretan semua sampai diomelin sang emak. Hobi coret-coret yang katanya muncul tiba-tiba ini kebablasan sampe sekarang.

Mungkin lo bakal mengira Fadli anak Desain Komunikasi Visual (DKV). Kalau iya, lo salah besar. Alumni Politeknik Negeri Ujung Pandang Makassar ini ambil teknik sipil sebelum terjun bebas ke dunia komik strip. Sejak kuliah, Fadli emang suka baca web comic dari dalam maupun luar negeri. Dan, karena semuanya bergenre komedi akhirnya Fadli berpikir gimana ya kalau gue buat kaya gini juga? Mulailah Fadli rajin belajar gimana cara bikin cerita, ekspresi, panel, dll. Setelah mencoba konsisten, ga nyangka akhirnya banyak yang suka.

Awal bikin komik, banyak yang ngatain gambar dan jalan cerita buatan Fadli. Baginya, kritik harus dipilih yang sekiranya benar karena banyak orang yang asal ngomong doang. “Ya kadang dikomediin aja. Walau gambar gue gini-gini aja ya gue tunjukin kalau ini emang ciri khas gue. Ga peduli sih sama yang gak suka soalnya masih banyak yang suka”, ujarnya.

Fadli juga punya komikus favorit. Di Indonesia, komikus favoritnya ialah @masdimboy dan @komikpinter. Sementara nun jauh di sana ada Rob DenBleyker dan Chris Wilson yang memberikan pengaruh kepada Fadli dengan style komedi baratnya.

Sekarang, cowok berumur 23 tahun ini lagi sibuk bikin komik strip harian di Line Webtoon, dan socmed Facebook, Twitter, Path, serta Instagram. Fadli juga baru ngeluncurin roket, eh maksudnya komik fisik dan next mau bikin short cartoon. Mulai dari proses mencari inspirasi sampe jadi, Fadli mengaku paling lama cuma satu jam-an. Bukan satu zaman, ya.  Paling lama cari ide, gambarnya mah cepet.

Komik Fadli pastinya sering bikin lo merasa mind blowing. Ya, emang Mind Blowon itu plesetan dari mind blowing. “Karena ceritanya bloon dan lebay makanya jadi mind blowing. Gue sengaja pengen orang baca trus ngerti artinya, tapi harus mikir dulu”, jawabnya. Fadli ingin terus membanyak target pembaca. Februari lalu, Fadli membuat akun @tahilalatsdotcom yang ditujukan untuk menggaet pembaca internasional. Meski cuma translate-an dari versi Indo, tetep aja doi harus memilah mana jokes yang cocok buat masuk ke pasar luar.

Kalau lo pengen ikutin jejak Fadli, doi berpesan buat sering cari influence dari creator yang menurut lo, lo banget. “Semua orang sebenernya bisa gambar, cuma soal minat apa enggak. Kalau minat pasti niat. Habis banyakin influencer, pelajarin trus langsung mulai. Habis itu, konsisten deh”.

Fadli hadir pada event BritAmaxHaiDay bersama komikus lain yang tergabung dalam komunitas komikin ajah seperti @komikdimsum, @banggaber, dan @komikman.