BPJS VS Asuransi Kesehatan di Mata Masyarakat Awam

0
462

Untuk masyarakat awam Indonesia, bisa dibilang jika tidak semuanya mengenal asuransi, atau setidaknya hanya sekadar tahu mengenai asuransi tanpa benar-benar memahami apa dan bagaimana asuransi itu sendiri. Berbeda dengan BPJS yang belakangan ini lebih populer di kalangan masyarakat karena diperkenalkan oleh pemerintah. BPJS atau yang merupakan bantuan jaminan kesehatan masyarakat ini memang mengundang banyak perhatian masyarakat Indonesia sejak awal kemunculannya. Hal ini tidak lain dan tidak bukan disebabkan oleh fungsinya sendiri yang sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan perlindungan kesehatan, banyak mayarakat Indonesia yang terbantu dengan adanya progam BPJS ini, khususnya yang kondidi ekonominya pada tingkat menengah ke bawah. BPJS ini bisa dibilang merupakan suatu bentuk asuransi kesehatan murah yang disediakan oleh pemerintah selain asuransi untuk kesehatan biasa yang berasal dari pihak swasta.

Ya, BPJS termasuk ke dalam suatu jenis asuransi, dilihat dari kebijakannya dimana peserta BPJS diwajibkan untuk membayar iuran setiap bulannya. Iuran yang dibayarkan di sini sama saja dengan pembayaran premi dalam asuransi. Entah asuransi biasa atau BPJS sama-sama tidak akan berlaku jika pesertanya tidak membayarkan iuran rutinnya. Bedanya, BPJS merupakan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang dikelola dan diawasi oleh pemerintah, serta mendapatkan subsidi dari pemerintah sehingga menjadi suatu jenis asuransi kesehatan murah yang akrab dengan masyarakat Indonesia dengan ekonomi menengah ke bawah yang juga butuh mendapatkan perlindungan atau jaminan kesehatan.

Dalam BPJS, seperti yang kita bersama tahu, ada beberapa tingkatan kelas. Dari tingkat yang paling rendah yaitu kelas tiga, tingkatan menengah yaitu kelas dua, hingga tingkatan yang paling atas yaitu tingkat satu. Nah, harga iuran atau harga premi yang harus dibayarkan itu juga menyesuaikan. Semakin rendah kelasnya maka semakin rendah harganya, begitupun sebaliknya. Dan, jaminan atau pelayanan kesehatannya pun juga menyesuaikan dengan kelas yang digunakan. Misal, BPJS kelas satu tentu saja memiliki pelayanan yang lebih bagus dibanding BPJS kelas dua, bahkan kelas tiga, sesuai dengan harganya. Meskipun demikian, adanya BPJS sebagau salah satu jenis asuransi kesehatan murah inilah yang sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan jaminan kesehatan.

Lalu bagaimana jika dibandingkan dengan asuransi kesehatan biasa yang berasal dari pihak swasta?

Adanya BPJS ini sebenarnya secara tidak langsung merupakan salah satu batu loncatan yang membuat asuransi untuk kesehatan di Indonesia menjadi lebih populer. Melalui BPJS, masyarakat Indonesia mulai lebih mengenal dan paham dengan dunia perasuransian. Selain itu, bisa dibilang jika asuransi biasa dari pihak swasta tetap memiliki keunggulannya sendiri yang membuat sebagian besar orang memilih untuk menggunakan asuransi kesehatan murah dari pihak swasta dibanding BPJS dari pemerintah. Keunggulan dari asuransi swasta antara lain yaitu mengenai banyaknya pilihan (cashless atau reimbursement) dan fakta bahwa masih ada beberapa rumah sakit yang tidak mau menerima pasien BPJS. Berbeda dengan asuransi kesehatan biasa dari pihak swasta yang cenderung diterima di rumah sakit mana pun.