Kopi, Pantangan Darah Tinggi Wajib Kamu Baca

0
816

 

Kopi, Pantangan Darah tinggi

Ada banyak hal yang bisa memicu tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi (Hipertensi) merupakan  kondisi di mana tekanan darah di dalam arteri seseorang lebih dari 140/90 mmHg secara terus menerus. Salah satu kebiasaan yang terkesan satu paket dan dua-duanya memicu tekanan darah tinggi adalah kebiasaan merokok sambil ngopi. Ya, selain merokok, kopi kopi juga merupakan pantangan darah tinggi. Kopi bisa berakibat buruk bagi penderita hipertensi.kafein yang terkandung dalam kopi, mempu mengakibarkan debar jantung sehingga meningkatkan tekanan darah. Pemberian 2-3 cangkir kopi sama dengan pemberian kafein sebesar 150 mg dan dalam lima belas menit menit mampu meningkatkan tekanan darah sampai 15 mmHg. Peningkatan tekanan darah karna kafein mampu bertahan selama 2 jam, ini diduga karena kafein memiliki efek secara langsung pada medula adrenal yang mengeluarkan epinefrin. Penelitian yang dilakukan oleh Sianturi bahkan menyebutkan bahwa curah jantung  meningkat akibatkan mengkonsumsi kopi dan terjadi pula peningkatan sistole yang lebih besar ketimbang tekanan diastole.

Ngateni melakukan penelitian pada tahun 2010 untuk membuktikan seberapa besarkah kebiasaan minum kopi menyumbang atau berhubungan dengan hipertensi. Hasilnya didapatkan bahwa kebiasaan meminum kopi memberi sumbangan pada hipertensi sebesar (p=0,016) dengan odd rasio (OR)=3,35), kemudian kebiasaan merokok sebesar (p=0,0178) dengan Odd Rasio (OR)=3,18 sementara stress (p=0,026) dengan Odd Rasio (OR)=3,13.Tingginya kafein yang terdapat dalam kopi mampu menyebabkan tekanan darah seseorang yang mengidap hipertensi akan naik sebanyak 3-4 kali. Hal ini karena kafein masuk ke aliran darah.

Kebiasaan meminum meminum kopi ditemani gorengan atau kopi sambil merokok memang merupakan kenikmatan tersendiri. Apalagi saat hujan tiba. Tetapi perlu anda ingat bahwa menimum kopi sangat tidak baik bagi tekanan darah anda. Untuk itu anda mungki bisa menganti kebiasaan meminum kopi dengan meminum tropicana yang tentu jauh lebih baik bagi tubuh anda. Jadi, mari pikirkan ulang kebiasaan menikmati kopi. Belum tentu kenikmatan meminum kopi lebih dari bahaya yang ditimbulkan bagi tubuh anda. Semoga anda pikirkan ulang dan memastikan anda tidak mengkonsumsi suatu pantangan darah tinggi.