Cara Mengurangi Jam Begadang

0
194
Kebanyakan mahasiswa begadang dengan alasan untuk mengerjakan tugas.

SERPONG, KOMPAS CORNER – Pastinya mahasiswa sangat lekat dengan jam begadang, entah karena sibuk mengerjakan tugas hingga lupa waktu, atau karena sedang berada dalam kegiatan lain yang membuat mahasiswa tidak tidur. Tidak sedikit mahasiswa yang datang ke kampus dengan mata sayu dan kantung mata yang besar. Sekarang, penulis ingin memberikan beberapa tips kepadamu tentang bagaimana cara meminimalisir jam begadang.

  1. Buat reminder atau catatan kecil. Ini penting, mengapa? Tentunya hal mengingatkan kita akan tugas yang diberikan dosen pada hari itu dapat segera dikerjakan. Kebanyakan mahasiswa begadang karena terus mengulur waktu dan tanpa sadar semua tugas ternyata sudah menumpuk. Setelah itu, mereka hanya dapat mengerjakannya dalam semalam. Hal seperti ini tidak baik, lho. Mulai dari sekarang, mari buat reminder!
Catatan pengingat bisa kamu bentuk dengan kertas post-it atau agenda kecil.
Catatan pengingat bisa kamu bentuk dengan kertas post-it atau agenda kecil.

2. Biasakan bangun pagi, mungkin sekitar jam lima atau enam pagi. Hal ini lambat laun akan membuat kita terbiasa. Kita akan tidur lebih cepat karena sudah bangun sejak pagi dan menjalankan aktivitas yang padat.

Aktivitas yang seimbang dengan waktu istirahat tentu akan membuat kita lebih bugar.
Aktivitas yang seimbang dengan waktu istirahat tentu akan membuat kita lebih bugar.

3. Kurangi pemakaian gadget di malam hari. Sangatlah penting untuk kita pahami, sebenarnya yang membuat kita semakin sering begadang adalah intensitas penggunaan gadget yang tinggi. Semakin sering kita melihat layar pada ponsel atau alat elektronik lainnya, akan semakin sulit bagi kita untuk tidur karena kinerja otak akan terus dipaksa bekerja dan waktu yang seharusnya digunakan untuk beristirahat pastinya akan tertunda.

Matikan gadget-mu sebelum tidur supaya perhatianmu tidak teralih.
Matikan gadget-mu sebelum tidur supaya perhatianmu tidak teralih.

4. Perbanyak aktivitas di pagi dan siang hari. Tidak heran, banyak mahasiswa yang sering begadang karena pada pagi dan siang harinya tidak memiliki aktivitas. Untuk menguranginya, kita bisa melakukan aktivitas yang cukup membutukan tenaga, seperti berolahraga, mengikuti bakti sosial, bergabung dalam kepanitiaan, dan lain-lain.

Olahraga adalah aktivitas yang tepat untuk mengisi harimu.
Olahraga adalah aktivitas yang tepat untuk mengisi harimu.

5. Gunakan waktu semaksimal mungkin. Yes, time is precious. Salah satu faktor begadang adalah menunda-nunda tugas. Tugas yang seharusnya bisa dikerjakan dengan bijaksana malah tertunda dan digunakan pada waktu yang tidak tepat. Alhasil mahasiswa harus bergadang. Keesokan paginya, kondisi tubuh tidak fit, kinerja tubuh tidak dapat digunakan dengan maksimal. Waktu berkualitas yang harusnya bisa dihabiskan bersama keluarga dan sahabat, atau bahkan untuk belajar; semuanya berubah menjadi waktu untuk memulihkan kebugaran tubuh yang tidak baik karena begadang. Hal ini tentu akan membuat mahasiswa kehilangan waktunya dengan percuma. Untuk mengurangi risiko seperti demikian, mahasiswa harus bertindak bijak dalam mempergunakan waktu, supaya hasil maksimal dapat dirasakan.

Bagaimana kamu megatur waktumu akan memengaruhi kehidupanmu juga.
Bagaimana kamu megatur waktumu akan memengaruhi kehidupanmu juga.

Nyatanya, mengubah kebiasaan begadang tidaklah mudah karena ketahanan pola tidur manusia sangatlah beragam. Namun setelah mengetahui tips-tips bagaimana kita dapat mengurangi jam begadang, setidaknya mahasiswa dapat memperbaiki pola tidurnya menjadi yang lebih baik. Tugas memanglah penting, namun kesehatan juga tidak kalah pentingnya! Yuk, kita atur waktu dengan baik dan kurangi jam begadang!

 

Penulis : Fachresa Putra H.

Editor: Edwin

Sumber foto:

http://www.clipartkid.com

http://lh5.ggpht.com

https://s3.amazonaws.com

http://c1.dq1.me

Home

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here