Hari Van Lith (HVL) 2016 kembali dihelat. Event tahunan SMA Pangudi Luhur Van Lith ini merupakan perayaan hari ulang tahun Romo Van Lith, pendiri sekaligus pelidung sekolah ini yang ke 153, sekaligus Lustrum V berdirinya sekolah ini. Acara ini dilaksanakan mulai 14-15 Mei 2016, dengan mengangkat tema “Spectrum Eternity”.

Tema “Spectrum Eternity” memiliki arti keberagaman warna yang menjadi satu warna putih keabadian. Maksudnya adalah, setiap orang memiliki “warna”nya sendiri, dalam bakat misalnya. Dan kita harus bangga pada “warna” yang kita miliki, juga harus berani menunjukkan “warna” yang kita punya, sehingga membentuk suatu keindahan, sesuai dengan tagline HVL 2016, “Bersama Padukan Warna”.

Sekolah yang terletak di Kota Muntilan, Jawa Tengah ini memulai rangkaian HVL 2016 dengan pawai budaya, mulai dari penampilan Jathilan, Barongsai, dan kolaborasi Teater Warisan SMA Van Lith dengan  Tari Kecak, Tari Api, Tari Saman, Tari Papua, Tari Jawa. Serangkaian penampilan tersebut ditutup dengan musik keroncong yang dilantukan dengan syahdu. Walaupun di pertengahan acara sempat terganggu akibat cuaca yang kurang mendukung, tetapi animo masyarakat baik, terlihat mereka menikmati rangkaian acara HVL 2016.

HVL 2016 juga berbagi kebahagiaan dengan pengobatan gratis serta sembako murah yang ditujukan untuk masyarakat sekitar Muntilan serta karyawan sekolah dan asrama SMA Pangudi Luhur Van Lith. Acara ini dilaksanakan Minggu pagi, 15 Mei 2016.

Tak hanya berhenti disitu, acara dilanjutkan dengan food fest berbagai penampilan menarik. Tak hanya penampilan dari SMA Pangudi Luhur Van Lith, terdapat juga penampilan dari SMA Stella Duce 1, SMA John de Britto, SMA Lab School Salatiga, Seminari Mertoyudan, TK dan SD Pangudi Luhur. Malam hari suasana semakin pecah dengan penampilan istimewa dari DJ Moski Love, pengunjung turut menikmati alunan musik yang dimainkan sang DJ.

Puncak acara HVL 2016 adalah sebuah Mahakarya dimulai dengan pemutaran film yang menampilan ketidakpercayadirian murid terhadap bakat mereka, namun mereka sadar bahwa bakat adalah harta yang mereka punya, walaupun tidak sehebat bakat yang dimilki oleh kebanyakan orang. Mahakarya merupakan kolaborasi Paduan Suara Kartika Bangsa, Vedette Orchestra, dan Karawitan. Lagu-lagu yang dilantukan dengan apik menutup serangkaian acara Hari Van Lith.