Inilah 7 Perbedaan Mahasiswa dengan Siswa

0
9147
Terdapat 7 hal yang membedakan antara mahasiswa dengan siswa.

TANGERANG — Sekilas, hanya kata “maha” yang membedakan antara kata “mahasiswa” dan kata “siswa”. Namun, tahukah kalian bahwa dibalik kata “maha” mengandung makna tersendiri? Menurut KBBI, kata “Maha” diartikan sebagai sangat; amat; teramat. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa tentunya memiliki peran yang jauh lebih besar dibandingkan dengan siswa biasa. Selain penambahan peran, rupanya masih terdapat hal-hal lain yang membedakan antara mahasiswa dengan siswa. Berikut 7 hal yang membuat mahasiswa jauh berbeda dengan siswa :

 

  1. Mahasiswa berpikir secara rasional

Mahasiswa harusnya sudah mampu berpikir secara rasional. Artinya, mahasiswa mampu menghadapi dan memecahkan segala macam permasalahan secara logis, serta tidak mengambil tindakan yang jelas-jelas hanya akan merugikan dirinya dan oran lain.

 

  1. Kritis, itulah ciri khas mahasiswa

Kata “kritis” disini memiliki maksud dimana mahasiswa tidak hanya menerima hal begitu saja, namun juga mempertanyakan sampai sejauh mana kredibilitas suatu hal. Bahkan, bukan hanya sampai pada tahap mempertanyakan kredibilitas, namun sebagai seorang mahasiswa, ia harus mampu membuktikan kredibilitas suatu hal dengan cara yang logis.

 

  1. Mahasiswa berorientasi ke masa depan

Berpikir jauh kedepan. Itulah yang setidaknya yang mahasiswa perlu lakukan sedini mungkin. Tidak hanya melihat beberapa hari kedepan saja, namun setidaknya mahasiswa mampu merencanakan tindakannya untuk 1 atau 2 tahun kedepan.

 

  1. Mahasiswa mampu memikul tanggung jawab yang berat pula

Berbeda dengan siswa yang hanya menjalankan kehidupan akademik dan sekedar mengukir prestasi, namun mahasiswa lebih dituntut untuk berkontribusi dalam kehidupan masyarakat. Kontribusi merupakan bentuk nyata dari tanggungjawab serta kesadaran bagi mahasiswa untuk menciptakan kehidupan kolektif yang lebih baik.

 

  1. Berani bertindak dan berani bersuara

Adakalanya mahasiswa perlu menyumbangkan suaranya, perlu mengambil tindakan tertentu, selama tindakan dan ucapan tersebut benar adanya dan dilakukan untuk kepentingan bersama. Perlu diingat juga bahwa apa yang dilakukan ataupun diutarakan juga harus bisa dipertanggungjawabkan secara rasional.

 

  1. Mahasiswa bisa beradaptasi dengan lingkungan sosial

Mahasiswa perlu mengendalikan ego dengan baik agar mampu beradaptasi dengan lingkungannya dan bisa diterima dengan baik oleh orang sekitar. Kemampuan adaptasi sosial ini akan sangat membantu kehidupan mahasiswa, terutama saat bekerja sama di dalam organisasi, terlebih lagi saat memasuki dunia kerja.

 

  1. Pribadi yang mandiri

Mahasiswa ialah pribadi yang mandiri. Berbeda dengan siswa yang melulu disajikan pengetahuan dan wawasan baru, mahasiswa justru harus mengeksplorasi sendiri wawasan yang dimilikinya. Ketidaktergantungan mahasiswa dengan orang lain juga merupakan wujud mahasiswa yang mandiri.

 

7 hal diatas ialah 7 hal yang membedakan mahasiswa dengan siswa secara signifikan. Tentunya masih terdapat hal-hal lain yang membedakan kedua status tersebut seperti lama masa pendidikan, dan lain sebagainya.

 

Sumber : nontrianon.wordpress.com

Foto : ieltstime.blogspot.com